--

Memelihara ikan koi, bagi penggemar ikan ini, merupakan kesenangan sekaligus mengharap keberuntungan. Tetapi ini bukan sembarang hobi sebab memelihara ikan koi diyakini bisa memperoleh hoki, mendapatkan kekayaan berlimpah, dan panjang umur. Ikan koi merupakan simbol keberuntungan.
Dari sekian banyak jenis ikan koi, ada tiga yang sangat terkenal yang disebut gosanke, yaitu kohaku, jenis ikan koi yang punya corak warna merah di atas warna putih. Sanke, jenis ikan koi yang bercorak warna merah dan hitam di atas warna putih, tetapi corak hitam tidak terdapat di kepala. Sedangkan showa adalah ikan koi hitam bercorak warna merah dan putih.

Mengapa ikan koi unik? Ikan koi dapat menjadi teman seumur hidup, warna-warninya beragam, indah, mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan, mudah menerima makanan, lemah lembut dan jinak, serta raja ikan hias air tawar.

Majalah Tropical Fish Hobbiest (September 1988) memuat asal-usul kata nishikigoi. Menurut sejarah China, ketika anak laki-laki tertua dari Kong-zi lahir pada tahun 533 SM, penguasa Kerajaan Lu memberinya ikan sebagai hadiah ulang tahun. Ikan itu konon yang kita sebut koi sekarang ini.

Kata koi, menurut penulisan Jepang, memang bisa menimbulkan dua makna berbeda. Makna pertama adalah ikan, sedangkan makna kedua menjadi murni atau sempurna. Dari kedua makna ini, seperti dikutip breederkoi.com, koi bisa diartikan sebagai ikan yang mempunyai garis rapi dan teratur pada sisik di badannya. Artinya, koi merupakan ikan yang benar-benar sangat menguntungkan dan sangat ideal untuk seni.

Semakin banyaknya penggemar ikan koi ini terbukti dari peserta forum diskusi Trubus Online yang membahas segala sesuatu tentang ikan koi. Beberapa artikel mengenai ikan koi juga semakin mudah ditemukan di internet, seperti o-fish.com dan breederkoi.com.

Artikel dan diskusi itu membahas banyak hal, mulai dari cara pembuatan kolam untuk ikan koi, desain kolam, sistem filtrasi, pemijahan koi, hingga hal-hal mencegah hama dan penyakit.

sumber :kompas